Minggu, 29 Desember 2013

Teknologi,smartphone,dan Android

Teknologi,smartphone,dan Android
Oleh Malaysianto Yudha Priawan
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitan Negeri Semarang

Abstrak
Berdarkan dari pandangan umum, perubahan pola pikir,hubungan sosial,serta kebudayaan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat. Ironisnya, masyarakat Indonesia kebanyakan menerima perkembangan teknologi baik dari sisi positif dan negatif dan tidak memilih terlebih dahulu mana yang baik dan mana yang tidak. Oleh karena itu,sangat diperlukan adanya kesadaran diri dalam menghadapi kemajuan teknologi agar tidak terjerumus dalam hal hal negatif dari kemajuan teknologi.Dalam hal smartphone juga ikut berperan dalam merubah sifat sikap manusia, bahkan di zaman sekarang anak kecilpun sudah dapat memakai smartphone baik untuk bermain game, multimedia, dan lain-lain.

Kata kunci : Teknologi,operating sistem,branded,linux,ponsel android

Pendahuluan

            Selama hidup  manusia tidak akan terlepas dari perkembangan teknologi. Pada awalnya teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun seiring perkembangannya, siap atau pun tidak siap kita akan dihadapkan pada beberapa dampak negatif dari teknologi itu sendiri. Tentu kita tidak mengesampingkan berbagai manfaat yang dapat kita rasakan dari perkembangan teknologi dalam kehidupan kita.Perkembangan dan kebebasan media massa adalah tolak ukur kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Demikian pula yang terjadi sekarang ini, media cetak dan elektronik berkembang cukup pesat. Secara kuantitas media seperti koran, tabloid, televisi, VCD, dan internet sangat jauh meningkat dibandingkan masa sebelumnya.Selain itu juga kemajuan teknologi tak hanya berdampak pada manusia itu sendiri, melainkan lingkungan sekitarnya juga ikut berpengaruh yang meliputi aspek sosial,budaya,ekonomi dan politik.
           
Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia.Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang dan memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudyaan.Kemajuan teknologi juga seakan-akan tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia.Dengan semakin berkembangnya teknologi manusia semakin mudah untuk mendapatkan berbagi informasi dari penjuru dunia.

            Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia.Berbagai macam jenis teknologi yang tidak terhitung jumlahnya dapat kita jumpai di zaman yang modern ini.Salah satu contoh teknologi yang sangat popular adalah ponsel android.Sebagian besar orang pasti mengetahui android. Namun tidak banyak manusia yang mengerti apa yang dimaksud dengan android itu sendiri. Untuk itulah saya memilih android sebagai pokok bahasan dalam karya tulis untuk menambah wawasan kepada para pembaca. . (lihat
http://www.inspirasidigital.com/posting/dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html september,2013)

            Alasan lain saya membahas ponsel android sebagai pokok bahasan dikarenakan peminat ponsel android yang sangat banyak,mengalahkan pasar ponsel lainya seperti iOS,windows phon e,symbian,bahkan blackberry sekalipun. Beberapa tahun yang lalu android hanya dipakai oleh para pembisnis dari kalangan menengah ke atas.Alasan mereka menggunakan android adalah untuk memudahkan bisnis mereka.Namun pada zaman sekarang, ponsel android tidak hanya dipakai oleh para pebisnis saja, banyak para remaja bahkan anak-anak pun telah banyak menggunakan ponsel android.Alasan para remaja menggunakan ponsel android karena memiliki berbagi fungsi selain untuk berkomunikasi juga untuk berbagi, menghibur dengan audio, video, gambar, game, dan lain-lain.Anak-anak sekarang makin banyak menggunakan ponsel android hanya untuk memainkan game.

            Selain itu maraknya produk produk lokal yang memproduksi ponsel android yang menyaingi produk produk luar negeri yang branded seperti Samsung, Sony,HTC dan lain lain. harga ponsel android yang variatif juga menjadi faktor penting mengapa banyak para konsumen khususnya konsumen di indonesia lebih memilih ponsel android ketimbang ponsel lainya,karena dengan uang minimal Rp.500.000 seseorang sudah dapat memiliki sebuah ponsel android.Rata-rata harga ponsel android yang branded harganya 1juta keatas dan untuk ponsel android buatan lokal harga dari Rp.500 ribuan seperti Andromax C besutan smartfren yang harga barunya sekitar Rp.700 ribuan. (lihathttp://Dermawaadi.blogspot.comseptember,2013)
 
            Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi yang sangat maju di zaman sekarang ini. Karena fasilitas yang disediakan oleh android tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif, seperti makin maraknya kejahatan criminal melalui dunia maya atau cybercrime, aktifitas hacker yang membobol akun data pribadi, serta makin banyaknya konten konten khusus dewasa yang mudah diakses oleh anak kecil sekalipun. Untuk itu kita harus bijaksana dalam membeli sebuah ponsel android.

Pengertian dan Fungsi Android

            Pengertian Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet.
Secara umum Android adalah platform yang terbuka (Open Source)  bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak.
(lihat
http://Dhanyrizkysahputra.blogspot.com/2013/04/08/pengaruh-gadget-bagi-anak/.html
November,2013)

            Beberapa tahun belakangan ini istilah Android sering sekali kita dengar, baca maupun kita lihat. Pada umumnya istilah Android sering dikaitkan dengan Ponsel,smartphone dan tablet. Penemu Android adalah Andy Rubin yang lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Andy Rubin bersama-sama dengan Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White mendirikan Android.inc dan apada Juli 2005 dibeli oleh Google.Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

            Semenjak kehadirannya pada 9 Maret 2009, Android telah hadir dengan versi 1.1, yaitu sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada apalikasinya, seperti jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.Hingga tahun 2012, Android telah berkembang dengan pesat. Dalam kurun 3 tahun Android telah diproduksi dalam versi, dan versi yang diproduksi disebut sebagai Android versi 4.1 atau Android Jelly Bean.Saat ini dikabarkan bahwa pihak google sudah meluncurkan android versi terbarunya yaitu android kitkat, namun hingga tulisan ini dibuat ponsel yang mengusung android kitkat belum juga menampakkan diri. Lihat (http://Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya_files/Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya.html) pada November,2013

Perkembangan Android dari versi ke versi

Versi Android
Nama
Tahun Rilis
1.1

2009
1.5
Cupcake
2009
1.6
Donut
2009
2.0/2.1
Éclair
2009
2.2
Froyo
2009
2.3
Gingerbread
2010
3.0/3.1
Honeycomb
2011
4.0
Ice Cream Sandwich
2011
4.1
Jelly Bean
2012
4.2/4.3
Kitkat
2013

(lihat
http://www.androxyde.com/urutan/versi/sistem/android.htmlSeptember,2013)
Berikut ini dapat kita lihat perkembangan Android dari versi ke versi :
            Android versi 1.1 ,Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
            Kedua Android versi 1.5 (Cupcake),pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
            Ketiga Android versi 1.6 (Donut),donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
            Keempat android versi 2.0/2.1 (Eclair),pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug.Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
            Kelima android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt),pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
            Keenam android versi 2.3 (Gingerbread),pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
            Ketujuh android versi 3.0/3.1 (Honeycomb),android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus.Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.
            Kedelapan android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich),diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galxy Nexus.
            Kesembilan android versi 4.1 (Jelly Bean),android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.
            Terakhir android versi 4.2/4.3 (Kitkat),android Kitkat yang diluncurkan baru-baru ini membawa sejumlah perbaikan dan pembaruan dari android versi sebelumnya yakni jelly bean, akan tetapi ponsel android yang mengusung versi ini belum rilis di Indonesia.

            Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui.Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula.Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7. (lihathttp://www.androxyde.com/urutan/versi/sistem/android.htmlseptember,2013)

            Perbedaan dari versi android tidak hanya pada tampilan, namun juga performa,dukungan aplikasi dan kemutakhiran dari hardware atau perangkat keras dalam ponsel itu sendiri, yang meliputi jenis prosesor dan jumlah intinya serta clockspeed yang digunakan semakin besar,ukuran RAM atau yang disebut random acces memory yang semakin tinggi kapasitas serta teknologinya, GPU atau yang disebut graphic processing unit yang semakin tinggi teknologinya serta kemampuan dalam mengolah grafis yang semakin mumpuni,ukuran layar serta resolusi yang digunakan semakin lebar dan lain lain.

Operating Sistem

Untuk saat ini operating system android versi 1.1 sampai versi 2.2 sudah jarang ditemukan di pasaran karena kemampuan atau fitur dari operating sistem,hardware serta dukungan aplikasi aplikasi pihak ketiga yang dapat dikatakan tidak memenuhi syarat. Contoh kasus yang terjadi baru baru ini adalah dirilisnya aplikasi Blackberry Messenger atau yang disebut dengan BBM yang dulunya hanya ada di ponsel cerdas Blackberry, kini sudah ada di Iphone dan android versi ICS atu Ice cream sandwich keatas,itu berarti pengguna ponsel android versi dibawah 4.0 akan gigit jari karena tidak dapat menikmati aplikasi blackberry messenger. (lihathttp://Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya_files/Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya.htmlNovember,2013)

            Android digolongkan dalam kategori open source atau sistem operasi terbuka karena produsen atau vendor memberikan hak kepada pengguna android untuk merubah atau memodifikasi ponsel android sesuai keinginan pengguna itu sendiri.contohnya adalah root dan unlock bootloader.Root digunakan untuk memudahkan pengguna untuk mengakses file file sistem di ponsel android, serta digunakan juga untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses penuh ke dalam ponsel android.
           
Bootloader merupakan komponen yang mengawali proses booting (menyalakan perangkat) yang pada umumnya dikunci oleh pihak produsen atau vendor untuk menghindari perubahan pada OS atau sistem Android. Pengguna perlu membukanya untuk alasan yang sama, setelah dibuka (di-unlock) pengguna bisa merubah urutan booting dan memodifikasi operating sistem sesuai kebutuhan pengguna.
           
Sistem Kerja dari ponsel android juga dapat disamakan dengan kerja sebuah komputer,dengan kemampuan input,proses,dan output. Komputer dan android juga memiliki kemampuan mengolah data,grafis atau gambar,suara dan lain lain. Selain itu juga komponen komponen penting yang ada di komputer juga terdapat di ponsel android, yang meliputi CPU,GPU,RAM dan lain lain, selain itu di ponsel android tertanam operating sistem yaitu Android, sedangkan di komputer tertanam operating sistem Windows atau Linux.
           
Sebenarnya android juga termasuk dari operating sistem linux, hanya saja android adalah perkembangan atau anak dari operating system linux itu sendiri. Linux adalah sistem operasi berbasis Unix yang dibuat oleh Linus Torvalds, dikembangkan oleh GNU General Public License. Linux bersifat open-source atau bebas digunakan atau didownload oleh pengguna komputer diseluruh dunia atau juga disebut dengan istilah FOSS (Free / Open Source Software).Linux selain memiliki keamanan yang lebih tangguh, juga digunakan pada super komputer karena kestabilan dan performanya yang sangat baik. (lihathttp://android4mi.blogspot.com/search/label/TIPS/ Unlock Bootloader, Root, Install Custom Recoveries & Custom ROMs - Android4mi.Blogspot.com.html 28/10/2013)


Dampak dari Pengaruh Android Pada Perkembangan Anak

            Dampak pengaruh Android pada perkembanan anak sangat banyak.Dampak yang diberikan dari segi pendidikan di Indonesia terbagi dua yaitu, dampak positif dan dampak negatif.
Dampak positif
Pertama.menambah pengetahuan dengan menggunakan android yang berteknologi canggih, anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas nya disekoloah.Misalnya kita ingin browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui. Dengan demikian dari internet kita bias menambah ilmu pengetahuan.
Kedua,memperluas jaringan persahabatan.Android dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke social media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama teman kita.
Ketiga,mempermudah komunikasi.Android merupakan salah satu alat yang memiliki tekonologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia.

Dampak negatif
Pertama,mengganggu kesehatan. Android dapat mengaganggu kesehatan manusia karena efek radiasi dari teknologi sangat berbahaya bagi kesehatan manusia terutama pada anak-anak yang berusia 12 tahun kebawah.Efek radiasi yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit kanker.
Kedua, dapat mengganggu perkembangan anak. Android memilki fiture-fiture yang canggih seperti, kamera, video, games dan lain-lain. Fiture itu semua dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadget nya di belakang atau bias juga di pergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik.
Ketiga,dapat mempengaruhi perilaku anak. Dengan kecanggihan yang diberikan oleh android.Maka anak-anak dapat dengan mudah mendownload video-video yang bukan tontonannya.
Keempat,rawan terhadap tindak kejahatan. Setiap orang pasti ada yang memiliki sifat update di mana saja. Jadi orang ingin berbuat kejahatan dengan mudah mencari nya dari hasil update nya yang boleh dibilang terlalu sering.
Kelima,manusia menjadi malas beraktifitas.Ini adalah dampak paling nyata yang dapat kita lihat dan rasakan, hampir setiap waktu, sepulang sekolah, siswa sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game online. waktu mereka untuk belajarpun menjadi berkurang, disinilah peran orang tua harus aktif untuk bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain.

Cara Pengawasan Orang Tua Pada Anaknya dari Pengaruh Android

            Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, orang tua harus memiliki peranan penting untuk menjaga anaknya dari pengaruh android. Adapun cara-cara yang harus dilakukan oleh orang tua ialah sebagai berikut :
Pertama, membatasi pemakaian android. Berikan waktu-waktu yang tertentu untuk anak-anak memainkan gadget.Jangan selalu berikan android kepada anak-anak karena dapat mempengaruhinya.
Kedua, selalu mengontrol isi / data-data didalam android.Orang tua perlu mengontrol data-data di dalam gadget anak. Minimal sekali dalam seminggu atau mengecheck nya diam-diam.
Ketiga, memberikan hukuman pada anak.
Berikan sanksi atau hukuman kepada anak apabila telah terbukti melakukan kesalahan.Misalnya dengan menyita android nya.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi khususnya teknologi dalam bidang alat komunikasi dan smartphone telah membawa pengaruh yang besar baik dari sisi positif dan sisi negatif, dari perkembangan sisi positif kemajuan teknologi mempermudah manusia untuk melakukan sesuatu dengan cepat tepat dan akurat sehingga jarak tidak menjadi masalah.Namun hal tersebut juga dapat merubah perilaku seseorang seperti kurangnya keperduliah terhadap sekitar, turunya nilai-nilai sosial,dan dan lunturnya budaya luhur.
            Android sebagai smartphone lebih banyak dipilih dan diproduksi oleh vendor baik branded atau produk lokal karena selain open source, android juga murah sehingga vendor-vendor tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pengerjaan software, sehingga pabrikan hanya mengeluarkan biaya untuk membuat perangkat keras atau yang disebut hardware.
Banyaknya aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang kebanyak gratis juga menjadi faktor penting mengapa andoid lebih banyak diminati daripada operating sistem lainya.
Kita juga harus menyikapi dengan bijaksana dari perkembangan teknologi khususnya android, apabila salah dalam menyikapinya maka generasi penerus kita akan selamanya bergantung dengan teknologi.

Saran

Kita sebagai manusia yang berperilaku konsumtif harus bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi, kita harus mampu menyaring mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat.Apabila kita tidak mampu menyaring hal tersebut, tentu saja kita akan terjerumus kedalam pengaruh teknologi itu sendiri yang tentunya akan merugikan kita sendiri dan orang lain.

 

DAFTAR PUSTAKA



REFERENSI MEDIA MASSA


Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi di unduh dari
Dermawan, Adi, 2009 Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia dan lingkungan sekitar serta
pengaruhnya di unduh dari (http://Dermawaadi.blogspot.com) Di akses November 2013.
Pengertian Android dan Fungsinya, diunduh dari
(http://Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya_files/Pengertian%20Android%20dan%20Fungsinya.html) pada November,2013
Pengertian Android dan jenisnya, diunduh dari
            (http://www.androxyde.com/urutan/versi/sistem/android.html) pada September,2013
Rizky Sahputra,Dhany.2013. Pengaruh Perkembagan Gadget Bagi Anak. Dalam
Tentang Custom Rom, Root dan Unlock Bootloader diunduh dari
(http://android4mi.blogspot.com/search/label/TIPS/ Unlock Bootloader, Root, Install Custom Recoveries & Custom ROMs - Android4mi.Blogspot.com.html)
Di akses 28/10/2013 21.42

2 komentar: